Total Tayangan Halaman

Rabu, 14 November 2012

merawat payudara

Merawat Payudara

Sakit pada saat menyusui banyak dialami pada ibu-ibu yang baru melahirkan, terutama yang melahirkan anak pertamanya atau yang tidak memperhatikan kebersihan buah dada.

Rasa sakit biasanya karena ada pembengkakan atau lecet pada pupile. Hal ini sebenarnya dapt dicegah. Dengan melakukan perawatan dan menjaga kebersihan payudara dan puting. Perawatan dimulai pada kehamilan memasuki 8 bulan. Cara perawatan payudara dapat dilakukan sendiri atau dibantu oleh ahli pijat payudara.

Perawatan paling utama menjaga kesehatan dan kebersihan payudara. Kulit buah dada harus licin, halus dan bersih. Puting tidak boleh masuk ke dalam, harus keluar serta lentur dan kenyal. Ini agar tidak sulit pada waktu si kecil menyusu.

Cara perawatan, bersihkan buah dada setiap hari pada pagi dan sore hari sebelum mandi. Perlengkapan yang diperlukan: kursi, kaca/cermin, sapu tangan katun putih, baby oil dan air hangat.

Cara membersihkan, posisi pasien duduk di kursi di depan cermin, licinkan seluruh bagian buah dada dengan baby oil. Urut dengan lembut sambil jari-jari
merentang di lipatan-lipatan kulit. Setelah selesai lap dengan kain hangat semua bagian dan pada pupile kompres dengan kain hangat selama 4 menit. Kemudian pupile ditarik-tarik, diputar-putar perlahan-lahan. Dengan tujuan untuk membersihkan dan mengangkat sel-sel kulit mati serta memberikan kelenturan selaput-selaput pembuluh dan kelenturan serta kekenyalan pupile.

Cara memijat, posisi duduk di depan. Gerakan-gerakan manipulasi: palmer struking. Kedua telapak tangan bertumpu yang unjung. Jari-jari berlawanan
arah, diletakkan di salah satu buah dada. Kedua telapak tangan mengurut kemudian masing-masing tangan digerakkan saling menjauhi masing-masing sisi buah dada dan ke bawah dengan tekanan. Dalam posisi tersebut kemudian tangan menggosok ke arah areola. Gerakan di ulang empat kali. Tangan kembali ke posisi normal. Kemudian meremas-remas dari pangkal sampai mendekati pupile. Gerakan tangan bergantian.

Manipulasi berikutnya mengurut. Telapak tangan dan jari-jari di samping luar dua buah dada. Tangan masing-masing mengurut ke bawah menuju ke tengah diantara dua buah dada. Buah dada disangga ke atas dilepas pelan-pelan. Gosokan dimulai dari klavikula menuju ke bawah. Pada waktu posisi tangan di bawah jari-jari sambil meremas-remas puting. Gerakan diulang-ulang.

Gerakan selanjutnya, salah satu tangan menyangga buah dada. Kemudian tangan sebelah mengurut menuju ke pupile. Gerakan mengurut mempergunakan jari-jari. Gerakan dilakukan secara kontinyu.

Perawatan dilakukan untuk membersihkan 1 hari 2 kali. Dan pemijatan dengan tehnik pijat payudara dilakukan seminggu sekali atau dua kali.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar