Total Tayangan Halaman

Jumat, 09 November 2012

obat asam urat

 pengobatan asam urat


Pengobatan gout tergantung pada tahap penyakit. Untuk serangan akut, langkah penting adalah untuk menyediakan penawar sakit dan memperpendek jarak inflamasi. Tujuan pengelolaan gout adalah untuk mencegah terulang kembali atau serangan gout di kemudian hari dengan tujuan utama mencegah kerusakan sendi.
Pengobatan disesuaikan untuk setiap orang dan obat-obatan digunakan untuk:
  1. Mengurangi nyeri dan bengkak semasa episode akut,
  2. Mencegah episode yang akan datang,
  3. Mencegah atau mengobati tophi, yang berupa nodul kristal asam urat terbentuk di bawah kulit sehingga menjadi bengkak dan menyebabkan nyeri semasa serangan gout.
Obat-obatan Untuk Masa Akut
Obat Non-steroid ant-inflamasi (NSAID) contohnya, Naproxen, Mefenamic acid, Indomethacin, or Diclofenac sering digunakan untuk mengatasi nyeri dan bengkak semasa episode gout akut. NSAID biasanya mulai bekerja dalam 24 jam. Efek sampingnya termasuk sakit perut, gatal kulit, retensi cairan atau masalah ginjal dan sariawan lambung. Mereka harus digunakan dengan hati-hati pada pasien dengan kerusakan ginjal dan sariawan lambung. Obat-obatan baru disebut COX-2 inhibitor mungkin lebih aman untuk lambung.
Kortikosteroid memberikan keringanan cepat ketika digunakan pada serangan pertama. Efek samping umum termasuk keram perut atau diare. Dosis rendah kolkisin dapat diminum setiap hari untuk mencegah serangan di kemudian hari.
Obat-obatan Yang Mengendalikan Kadar Asam Urat
Manajemen jangka panjang untuk pasien dengan arthritis gout adalah untuk menutunkan kadar asam urat dalam darah sehingga episode serangan gout dimasa depan dapat dicegah. Ini dicapai dengan – obat-obatan seperti Allopurinol atau agen urikosurik (contohnya obat-obatan yang mengakibatkan peningkatan ekskresi urate dari ginjal). Obat-obatan ini tidak meringankan nyeri dan inflamasi pada episode akut dan biasanya dimulai setelah episode akut gout diobati. Mereka kadang-kadang menyebabkan Anda mengalami lebih banyak episode gout ketika pertama mulai, lebih lanjut lagi Anda diberi resep kolsikin atau NSAID yang diminum bersamaan.

Alopurinol menurunkan kadar asam urat dalam darah dan harus diminum setiap hari. Itu juga dapat menurunkan ukuran tophi dan mencegah pembentukan kumpulan kristal pada sendi dan jaringan lain. Efek samping paling umum adalah ruam kulit dan harus dihentikan jika Anda mengalami gatal atau ruam. Alopurinol biasanya diminum setiap hari dan bertahun-tahun. Itu tidak boleh dihentikan selama episode gout akut.

Obat urikosurik seperti probenecid menurunkan kadar asam urat dalam darah dengan meningkatkan ekskresinya dalam air seni. Mereka tidak seefektif alopurinol dan tidak bekerja baik pada orang dengan kerusakan ginjal. Pasien harus minum banyak air karena ekskresi asam urat dalam air seni mungkin menyebabkan pembentukan batu dalam ginjal. Akhirnya, dokter akan menyarankan Anda mengenai tipe obat-obatan yang Anda butuhkan dan memantau efek sampingnya.

Masalah lainnya pada gout
Gout bisa diasosiasikan dengan tekanan darah tinggi, diabetes, penyakit ginjal dan obesitas. Penting untuk memeriksa semua penyakit ini. Kristal asam urat bisa terkumpul dalam ginjal atau ureter sehingga mengakibatkan batu ginjal atau ureterik. Ini dapat menyebabkan kerusakan ginjal.
Saran diet jika Anda memiliki gout
Diet berperan penting dalam manajemen gout. Pasien dengn gout harus menghindari makanan mengandung purin tinggi. Juga penting untuk minum banyak air (minimal 2 liter per hari) keculi diinstruksikan dokter sebaliknya. Pasien juga mengurangi konsumsi minuman beralkohol dan menurunkan berat badan. Namun, diet terlalu cepat tidak disarankan.
Makanan kandungan purin tinggi
  • Asparagus, kembang kol, jamur, havermut, gandum, terigu, daging merah
Makanan kandungan purin sangat tinggi
  • Semua organ dalam binatang dan burung, hati, ginjal, otak, pankreas
  • Kandungan tinggi – Daging rusa, burung dara, ayam hitam
  • Ekstrak daging – Kuah, kaldu ayam, babi, bak kut kuah
  • Ikan/kerang-kerangan tertentu – Salmon, haring, tenggiri, teri, sarden, kerang, remis, kerang kipas, udang
  • Sayur tertentu – Bayam, kacang polong, buncis , wortel
  • Produk kacang – Tahu, minuman kacang kedelai, tauge, kue kacang, kue bulan, kacang polong
  • Buah-buahan – Strawberi, seli strawberi, durian, tomat, saus tomat
  • Alkohol – Bir, sampanye, brendi, wiski, arak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar