Total Tayangan Halaman

Jumat, 09 November 2012

bola voli



 permainan bola voli


Bola voli adalah salah satu olahraga Olimpiade di mana dua tim dipisahkan oleh satu jaring tinggi menggunakan tangan atau (jarang) bagian tubuh lain untuk memukul atau menampar sebuah bola voli melewati jaring ke lawan. Setiap tim memiliki enam pemain diperbolehkan memukul bola  voli tersebut tiga kali berturut-turut. Poin dihitung saat bola voli jatuh ke dalam lapangan lawan, lawan melakukan kesalahan atau lawan gagal mengembalikan bola dengan benar. Permainann bola Voli diciptakan pada tahun 1895 oleh William G.. Morgan dengan nama "Mintonette". Namun Alfred hestead memberikan nama permainan tersebut dengan permainan "Boloa Voli"

Bola voli merupakan olahraga aktif. Karena banyak serangan membutuhkan pemain menyentuh bola di atas jaring, kemampuan melompat ditekankan dalam permainan ini.

Organisasi Olahraga Bola Voli Dunia yaitu FIVB (Federation Internationale de Volleyball) dan di Indonesia terdapat organisasi bola voli yaitu PBVSI (Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia).

Dalam permainan bola voli, tim yang yang meraih 25 poin pertama merupakan tim yang dianggap menang dalam satu set. Tim yang memenangkan 3 set pertama memenangkan pertandingan.

Ukuran lapangan bola voli adalah 9 sampai 18 meter. Garis batas serang untuk pemain belakang berjarak 3 meter dari garis tengah (sejajar dengan jaring). Garis tepi lapangan adalah 5 cm.

Untuk net dalam permainan bola voli telah ditentukan yakni untuk putra setinggi 2,44 meter atau 243 cm dan untuk putri tinggi net setinggi 2,24 meter atau 224 cm.

Sumber: http://id.shvoong.com/internet-and-technologies/sport/2308858-pengertian-permainan-bola-voli/#ixzz2BlmiNA2p

Tidak ada komentar:

Posting Komentar