Total Tayangan Halaman

Senin, 11 Maret 2013

penyebab pembakaran maporres oku

ilustrasi dok. okezone

JAKARTA - Penyerangan personel TNI Armed 15/76 Tarik Martapura, Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan, yang berujung pada pembakaran mapolres terjadi karena beberapa faktor.

Anggota Komisi I DPR, Susaningtyas Kertopati, mengatakan masalah yang terjadi di OKU memang kasuistis, namun jika dilihat lebih dalam ada beberapa akar masalah.

"Ego sektoral yang masih mengemuka, penegakan hukum lemah, tidak tegas dan tidak tuntas, esprit de corps yang berlebihan meskipun oknum salah tapi dibela, hubungan kurang harmonis, kesepakatan yang tidak konsekuen padahal pihak teman-teman korban ikuti proses di Polda, serta pengendalian lemah dari provost nya," kata Susaningtyas, kepada Okezone, Sabtu (9/3/2013).

Selain itu, kata dia, komandan dari Polri maupun TNI masing-masinh masih lemah padahal ada kasus yang serius. "Para petinggi TNI Polri jangan hanya memusingkan alutsista tapi marilah lihat psychologis prajuritnya masing," jelasnya.

Lebih lanjut, Anggota Fraksi Partai Hanura ini juga menyampaikan apa yang terjadi di OKU merupakan perilaku oknum, sehingga jangan digeneralisasi menjadi perilaku institusi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar