Total Tayangan Halaman

Senin, 11 Maret 2013

penyakit glokoma

 

Glaukoma adalah penyakit mata dimana tekanan cairan dalam bola mata menjadi terlalu tinggi, sehingga merusak serat lembut saraf optik yang membawa sinyal penglihatan dari mata ke otak. Kerusakan ini tidak dapat disembuhkan dan dapat menyebabkan kebutaan pada tahapan yang parah. Glaukoma merupakan 40 persen penyebab kebutaan di Singapura.

                                                                                                                                     Glaukoma

Apa penyebab Glaukoma?

Tekanan berlebih dalam bola mata terjadi karena ketidakseimbangan produksi cairan dan pembuangannya dalam bola mata. Terdapat berbagai tipe glaukoma yang berbeda.
Sebagian besar kasus glaukoma adalah dari jenis glaukoma primer sudut-terbuka yang biasanya menyerang manula dan paruh baya. Glaucoma berkembang secara perlahan dan tidak menyakitkan, sehingga anda mungkin tidak menyadari bahwa penglihatan Anda memburuk. Penglihatan perifer (sekeliling pinggiran luar) dan penglihatan malam hari akan terpengaruh terlebih dahulu sebelum penglihatan sentral anda.
Glaukoma akut sudut tertutup biasanya menyerang manula dan wanita setengah baya etnik Cina di Singapura. Tipe glaucoma ini timbul seketika dengan tekanan cairan yang meningkat cepat dan drastis dalam mata. Hal ini mengakibatkan rasa nyeri dan warna kemerahan pada mata, pusing dan mual. Gejala lainnya yang menyertai termasuk penglihatan buram dan melihat lingkaran warna warni disekeliling cahaya.
Glaukoma kronik sudut tertutup berkembang secara bertahap dan sering kali tidak diketahui dalam waktu yang lama. Tipe ini disebabkan oleh penyumbatan saluran pengeringan cairan dalam bola mata secara perlahan, mengakibatkan peningkatan tekanan mata yang berkepanjangan.
Glaukoma sekunder disebabkan oleh peradangan bola mata atau ketika katarak menjadi terlalu parah dan bengkak. Tumor, cidera dan operasi dapat juga menjadi menyebabkan glaukoma sekunder. 

Bagaimana saya dapat mengetahui jika saya memiliki Glaukoma?

Penyakit dapat berkembang secara perlahan dan anda mungkin tidak menyadari penglihatan memburuk secara bertahap hingga terlambat.

Ini adalah ilustrasi interaktif yang menggambarkan kehilangan daerah pandang pada berbagai tahap keparahan glaukoma.
  • Silahkan gunakan mouse, klik dan tahan panah biru
  • Ketika anda mulai menggeser panah biru ke kanan, anda akan melihat gambar saraf optik sehat normal yang diperbesar di sebelah kanan
  • Ketika saraf optik ini normal dan sehat, daerah pandang di gambar sebelah kiri normal
  • Namun sewaktu pasien mengalami glaukoma, terdapat kerusakan saraf optik bertahap akibat hilangnya serat saraf sehat (lihat gambar sebelah kanan), sehingga menyebabkan kehilangan visual secara bertahap
  • Pasien akan mengalami pandangan ‘terowongan’ bertahap atau penyempitan daerah pandangan dari luar kedalam (lihat gambar sebelah kiri)
  • Hal ini diilustrasikan dengan menggeser panah biru antara titik “Glaukoma Dini” dan “Glaukoma Akhir”

Apa yang membuat saya beresiko Glaukoma?

• Usia –resiko anda meningkat ketika berusia lebih dari 50 tahun. Di Singapura, sekitar 3 persen jumlah
  orang yang berusia diatas 50 tahun terkena glaukoma. Resiko ini meningkat seiring usia; persentase
  orang berusia lebih dari 70 tahun yang terkena glaucoma adalah 10 persen
• Penyakit-penyakit kronis –resiko anda terkena tipe glaukoma tertentu meningkat jika Anda mengidap
  diabetes dan tekanan darah tinggi
• Etnik – orang Asia dan Afrokaribean lebih rentan terhadap tipe glaukoma tertentu dibandingkan orang
  kaukasian
• Cidera mata
• Rabun jauh yang parah
• Sejarah keluarga
• Penggunaan steroid

Apa yang dapat saya lakukan untuk mencegah Glaukoma?

Sebagian besar faktor resiko glaukoma seperti usia, resiko keturunan dan etnik tidak dapat dicegah. Ini berarti kesehatan mata yang baik dan pemeriksaan mata secara teratur sangatlah penting untuk deteksi dini. Jika Anda memiliki sejarah glaukoma dalam keluarga atau mengkonsumsi obat-obatan beresiko tinggi, pemeriksaan mata teratur sangatlah penting (lihat pentingnya pemeriksaan mata). Diagnosa dini adalah kunci untuk mencegah kebutaan karena kerusakan saraf glaucoma tidak dapat dikembalikan.

Apa jenis pengobatan yang tersedia untuk Glaukoma?

Glaukoma tidak dapat disembuhkan, tetapi dapat dikontrol dengan sukses pada sebagian besar kasus. Pengobatan tergantung pada tipe glaukoma yang didiagnosis. Pengobatan bisa dalam bentuk obat-obatan, terapi laser atau operasi. Dokter anda menentukan cara pengobatan terbaik dalam kasus anda setelah berdiskusi dengan anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar